9.12.2008

BENTOR

mungkin bagi sebagian orang di Indonesia istilah "bentor" merupakan istilah baru yang baru kali ini didengar, begitu juga dengan saya pribadi, kurang lebih awal tahun 2008 saya ke sebuah wilayah pedalaman provinsi Sulawesi Utara atau lebih tepatnya di Kota Kotamobagu, kira2 dari Kota Manado sekitar 3-4 jam perjalanan. Yang ingin saya ceritakan adalah tentang jenis ANGKUTAN UMUM "baru menurut ku" yang ada "disana". Angkutan umum yang ada "disana" sebagian besar berupa BENTOR atau merupakan kependekan dari BECAK MOTOR, yang terdiri dari bodi sejenis BECAK tapi penggeraknya menggunakan mesin MOTOR.
Kelebihan dari jenis angkutan umum ini adalah:
  1. daya tampung lebih banyak dari becak (lebih 3 orang),
  2. bisa mengantar penumpang sampai dengan tempat tujuan alias tidak perlu jalan kaki lagi menuju tempat tujuan,
  3. tarif/ongkos yang murah, dan
  4. bisa lewat jalan mana saja (utama/sekunder) sehingga bebas macet
Kekurangannya:
  1. keselamatan penumpang (depan) kurang terjamin (seperti juga becak)
  2. apabila tidak punya jalur tersendiri akan membuat macet
di Jogja, baru2 ini saya melihat ada satu dua bentor yang mulai berkeliaran, saya berharap semoga instansi yang terkait dengan angkutan umum untuk segera bertindak.

SEBELUM
hal-hal yang tidak dinginkan terjadi......KEMACETAN

No comments: